Firefox vs Maxthon

Browser Mozilla Firefox (Fx) Jum’at lalu macet, uninstall Fx, untuk lebih yakin dilanjutkan dengan menghapus folder “D:\Program Files\Mozilla Firefox”, lalu install ulang, tetap macet, setelah tunggu 3 menit, Firefox dapat diakses kembali, wah … ada yang tidak wajar nih. Periksa icon McAfee Viruscan Enterprise ver 8.0i di system tray, terlihat bahwa database virus telah up to date. Kecurigaan kemudian beralih ke spyware, meski ada keyakinan bahwa Fx lebih tahan terhadap spyware dibanding Internet Explorer. Kemudian install software Ad-Aware untuk mendeteksi dan menghilangkan spyware, scanning oleh Ad-Aware ternyata cukup lama, akhirnya komputer dibiarkan menyala dari Jum’at malam sampai dengan Senin siang. Banyak spyware yang dapat dideteksi dan dihapus.

Meskipun saat ini Firefox dapat berjalan normal lagi, tapi porsi penggunaannya tidak lagi dominan. Ketika Fx macet, pakai browser lain: Mozilla 1.7, Internet Explorer 6.0, Avant Browser 10 build 167 dan Opera 8.0. Tapi, Hey … gak puas pakai 4 browser tersebut, ada saja kekurangannya. Coba install Maxhton Browser (MB) 1.2.0 versi Combo, kinerjanya ternyata lebih oke daripada Avant Browser. MB dapat diatur dengan mudah, bookmark dari Firefox dapat di import dengan lancar dan dapat diletakkan seperti di Fx. MB juga memiliki kemudahan dalam pengaturan toolbar, bookmark, tab browser, skin/themes, search engine dan plugins.

Ada satu lagi fitur MB: ketika mencoba icon “New Window” ada pilihan “Use Gecko Engine”, biasanya MB hanya menggunakan engine IE. Saat ini belum coba melakukan komparasi, mana yang lebih bagus? MB + IE engine atau MB + IE Gecko.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply