SuperVCD dengan ProShow

Terima kiriman kamera digital Canon Ixus 400 Selasa siang (om ia kirim kamera dari Jakarta hari Senin 18 April). Setelah pulang kantor, kamera tersebut langsung dipakai, ajarin sebentar Ajeng cara pakainya, kemudian Ajeng langsung sibuk foto-foto Jasmine dengan berbagai gaya dan ganti-ganti pakaian.

Kamis sore baru tahu bahwa Jumat, 22 April 2005 adalah hari libur, sehingga malam hari digunakan untuk coba buat SVCD dari beberapa foto (sekitar 150 foto) dengan menggunakan software ProShow Gold. Foto yang digunakan sebagai sumber adalah foto-foto Jasmine mulai umur 2 minggu sampai foto terakhir yang diambil oleh Eka, Ajeng dan NS.

Coba Proshow mulai Kamis malam, begadang, sampai Jumat pagi, karena VCD harus selesai untuk dibawa Eka yang akan pulang ke Cikarang jam delapan. Setelah sekitar 150 foto selesai diatur letak tampilannya, kemudian harus dilakukan rendering, butuh waktu sekitar 30 menit untuk rendering 150 foto menjadi SVCD selama 18 menit. Karena kurang bagus, pengaturan foto diulang, ganti beberapa opsi di ProShow untuk mendapatkan space supaya menghasilkan SVCD dengan durasi 20 – 30 menit.

Jumat pagi file image hasil dari ProShow dipindah dari PC Writer ke Notebook (di PC tidak ada CD Writer). ProShow menghasilkan file dengan extensi .CUE dan .BIN. Semula beranggapan bahwa file image yang dibakar adalah file .BIN karena berukuran ratusan MB, sedangkan .CUE hanya 1 KB. Tetapi ketika menggunakan Nero tidak dapat memilih file .BIN, sehingga coba dilakukan konversi dengan menggunakan WinISO dan UltraISO untuk menghasilkan file .ISO. Banyak habis waktu untuk melakukan konversi ini, padahal Eka sudah siap pulang ke Cikarang.

Akhirnya diketahui bahwa file .CUE yang perlu diload kemudian secara otomatis akan memanggil file .BIN. Hasil burning ke CD-R kemudian dicoba, tapi hanya jalan 10 detik. Sampai saat ini belum tahu mengapa SVCD hanya jalan sebentar. Padahal ketika dicoba menjalankan langsung file hasil rendering .mpg dapat dijalankan dari awal sampai akhir. Nanti akan dicoba untuk membakar langsung .mpg dengan Nero dan memilih opsi “Super VCD”.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply