Konfigurasi Wireless Access Point

Ada dua buah perangkat wireless, satu buah jenis wireless Access Point (AP) dan sebuah lagi Wireless Cable/DSL Router. Kedua perangkat ini sudah lama tidak difungsikan secara optimal, langsung saja timbul rasa penasaran untuk melakukan konfigurasi AP. Model dan merk perangkat wireless tidak disebutkan, karena tidak dapat fee dari vendor dan memungkinkan exploitasi menjadi lebih mudah oleh pengakses ilegal yang ada di area sekitar kantor he.. he..

Konfigurasi pertama dilakukan terhadap AP, ada passwordnya, password default telah berganti, tidak perlu bertanya ke konfigurator sebelumnya, cari cara untuk melakukan reset ke default factory setting di google.com, dapat beberapa informasi dari forum/milis, setelah dicoba akhirnya konfigurasi AP kembali ke setting awal.

Interface untuk mengatur setting AP dilakukan dengan memasukkan alamat IP perangkat AP melalui browser, beberapa konfigurasi dilakukan, diantaranya dengan:

  1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
  2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA)
  3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
  4. dsb

Beberapa konfigurasi yang dibuat tidak bekerja dengan baik, misalnya meski DHCP server telah diatur, AP tidak memberikan IP sesuai dengan alokasi yang ditentukan.

Upgade Firmware

Biasanya perangkat yang mempunyai firmware semacam AP akan menyediakan upgrade firmware untuk melakukan perbaikan, bahkan dengan upgrade firmware akan ada fungsi tambahan atau baru. Langsung saja cari firmware terbaru untuk AP di website vendor. Ternyata sudah ada beberapa release terhadap firmware lama yang ada di AP, download firmware versi terakhir. Firmware yang di download berbentuk file executable, jalankan file tersebut akan melakukan decompress dan menghasilkan file README dan firmware update.

Proses upgrade dapat dilakukan secara mudah, yaitu langsung dilakukan melalui browser, masukkan file firmware update, kemudian klik sumbit, dalam waktu kurang dari satu menit proses upgrade selesai dan firmware baru langsung terpasang. Reset ke default factory setting dilakukan sesuai rekomendasi Vendor yang ada di file README.

Upgrade firmware memberikan hasil yang sangat memuaskan, yaitu DHCP server dapat berfungsi dengan baik dan tersedianya fasilitas tambahan/baru yaitu perangkat wireless sekarang fungsinya menjadi tiga jenis:

  1. Access Point (fungsi default)
  2. Client Bridge Mode
  3. Repeater Mode

AP dan Komputer Server
Saat ini AP telah berfungsi dengan baik dan benar, selanjutnya ada keinginan untuk menyiapkan sebuah komputer untuk dijadikan sebuah server yang akan menyediakan fungsi untuk:

  1. Pengelolaan user
  2. Pengelolaan akses
  3. Proxy dan Firewall
  4. Pengelolaan authentifikasi
  5. Mencatat log/history akses
  6. Menyediakan fitur billing

Adakah pembaca yang telah melakukan/memasang aplikasi terpadu open source untuk Linux untuk kebutuhan seperti ini? jika ada, ditunggu komentarnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

194 Responses to “Konfigurasi Wireless Access Point”

  1. arifin says:

    saya saat ini lg mengembangkan apa sodara tulis
    saya menggunakan sistem operasi linux debian sbg main OS, hostAP sbg acces point sotware dan radius sebagai server, projek ini sendiri masih berjalan dan belum selesai

    regard,
    arifin hadi kusuma
    aaipink@yahoo.com

  2. donsphytos says:

    Hallo…
    Nasibku mungkin hampir sama dgn thema diatas,Sorry aku msh newbie bgt soal WLAN.
    Singkat aja aku pya AP Planet WAP 4000.
    btw aku mengalami jalan buntu di cara konfigurasinya.aku coba untuk reset secara manual setting ke default factory,tp kok tetep aja ga bs ngereset dan settingan yg muncul msh tetep settingan yang awal dan yg bikin pusing adalah submit password admin yg dl udah lupa.
    Buat kawan-kawan yg udah pnh mengalaminya mohon donk minta petunjuknya tips yg lbh jelas untuk reset AP ke default factory.
    oh iya sebenernya untuk desktop PC perangkat apa aja siy untuk bisa melakukan koneksi ke jaringan wireless antar wilayah.email ke aku ya…

    donsphytos@yahoo.com

  3. galuh cantik says:

    Selamat siang,
    Galuh bener2 ga pernah tahu n otak-atik yang namnaya wireless, jaringan kabel aja tahunya cuma dikit2 n sepotong2 eh sekarang dikasih waktu 3 bulan buat bangun dari awal dari analisa n kebutuhan yang akan dipakai…wah suerrrr pusing banget.
    pak bisa bantu ngga, ada refrensi dari bapak , dan bisa kirim ke email galuh ngga?
    Terimaksih ya pak, dari tadi browsing tapi masih aja bingung, mulai dari mana nih???puyengggg….

    Pak bantuin galuh dunk.
    Maksih.

  4. donsphytos says:

    aku punya WAP-4000 Planet dan akan di reset kedefault factory.untuk update firmware apa hrs via web browser? sedangkan untuk log in aja butuh password configurator sblmnya.gimana kawan-kawan bisakah update firmware ga make web browser?coz aku udah nyoba berbagai cara,nyari tips dari situs resminya tetep aja ga dpt. tolong donk pencerahannya…

    donsphytos@yahoo.com

  5. ns says:

    @donsphytos
    rupanya masih belum ketemu cara reset ke default factory, arusan saya coba cari, dapat link di:
    ftp://ftp1.planet.com.tw/Wireless_Lan/WAP-4000/EM-WAP4K.pdf

    di halaman 9 ditulis:
    tekan tombol reset selama 5 detik,
    lalu tunggu 10 detik supaya AP selesai melakukan boot.

    jika masih tidak bisa, silakan coba gunakan default password,
    siapa tahu beruntung :)

    default password untuk AP ada di:
    http://phenoelit.darklab.org/cgi-bin/display.pl?SUBF=list&SORT=5&SEARCH=
    juga di:
    http://www.phenoelit.de/dpl/dpl.html

    @galuh cantik
    saat ini telah banyak buku-buku, baik berbahasa Inggris ataupun Indonesia yang
    membahas Wi-Fi dan Access Point, ada yg ditulis oleh
    Onno W. Purbo, ada juga terbitan Cisco Press yang
    telah diterjemahkan.

  6. agus says:

    Pak saya mau nanya, bagaimana cara koneksi jaringan wireless dan perangkat jaringan wireless?

  7. ns says:

    @agus

    ini ringkasnya:
    1. keduanya harus memakai perangkat wireless
    2. lakukan konfigurasi di kedua sisi
    3. koneksikan keduanya

  8. ocha says:

    pak tolong saya..apa ada software yang bisa hitung level daya SNR at Eb/No yang di terima user pada labtop pada acces point itu terhubung..kaalu secara teori??gmn ngebandinginya??kirim ke la_kocha@yahoo.com

    tanks

  9. joan says:

    kirim dong jenis dan keunggulan wireless

  10. ocha says:

    pak tolong saya..apa ada software yang bisa hitung level daya SNR atau Eb/No yang di terima user pada laptop pada acces point itu terhubung..kalau secara teori pakai rumus apa ya,saya sudah cari tapi belum dapat,adakah yang mau menolong?gmn ngebandinginya?kirim ke la_kocha@yahoo.com

    tanks

  11. fathur says:

    kalau jumlah komputer 40, jumlah AP 1 kok jaringannya sering putus, dan komputer hang, apa perlu tambah AP

  12. ns says:

    AP secara teknis dapat melayani lebih dari 100 client. Cuma saya blm punya client sampai sebanyak 40, jadi tidak tahu keadaan riil. AP disini pengaksesnya dibawah 10 :)

  13. Hanung says:

    Gimana cara reset password AP dimana AP itu gak ada tombol resetnya. Aku lupa passwordnya. HELP ME DONK….
    type APku ASU24005G.
    thx

  14. nix says:

    ## fathur
    untuk AP memang bisa di pakai banyak client ,tp kalo telalu banyak client,berpengaruh pada beban , AP jg dapat HANG,nge-LAG ..
    mungkin idealnya 1 AP sampe 32 client aja, itupun tinggal kegunaannya ….
    Dalam artian digunakan untuk apa? data or inet

    semoga membantu,
    nix-> newbie yg sok tahu

  15. cahyo eso s says:

    pak setting access point untuk 3 komputer enaknya pake accesspoint brapa? dan gimana cara buat antena dari kaleng serta setingannya balas

  16. ns says:

    @cahyo
    cara setting dan buat antena dari kaleng
    ada di buku Wireless tulisan Onno Purbo

  17. azis says:

    tolong sobat beritahu cara konfigurai untuk Access Point untuk dua komputer. mulai dari pemasangan sampai terkoneksi. dan kendala-kendalanya. soalnya saya masih belum bisa dan Access Point itu saya gunakan sebagai Tugas Akhir Sekolah. terima kasih atas perhatiannya.

  18. yumechan says:

    AP yang biasa saya pakai tiba-tiba minta “upgrade firmware”. Saya ga ngerti harus diapain, padahal AP’e mo d pakai buat konfigur ke client. Apa yang harus saya lakukan ya?

  19. hadi says:

    bisa gak 2 unit akses point dijadikan penghubung jaringan yang berbeda ruang? gimana caranya?

  20. Choirul Ichsan says:

    Saya sudah mencoba pemasangan jaringan WLAN di Perumahan, tapi sampai saat ini masih ada kendala pada akses poin yang kadang2 RTO (Request Time Out) dan tidak nyambung antara satu dengan yang lain padahal untuk settingan di AP sudah benar, Mungkin ada dari bebarapa teman yang punya pencerahan untuk Saya, Tks

  21. ade says:

    pak bagaiman caranya mengkonfigurasi wireles dan cara pemasangnya tolong dijawab

  22. sanchez says:

    pak klo d warnet yg menggunakan wireless kan beli voucher (mis.1jam Rp6000)agar dpt mggunakan internetnya,trus vouchernya kan bisa d pake dlm kurun waktu yg berbeda.bagaimana cara sistem membaca durasi waktu yg digunakan?

  23. roy says:

    halo pak, saya baru ikutan di milis ini.
    begini ceritanya, saya ada di sumatra dan saya punya AP Merek Prolink. dan di kota itu ada AP Lain, saya pake netstumbler untuk lihat vendor mereka, karena kata orang klo kita tau vendor nya, kita cari di internet vendor mereka dan di web site vendor akan diterakan ip vendor tersebut.
    jadi saya mau nanya :
    1. vendor Z-Com, Abo-Com, (Flake) ip address nya brapa dan merek AP Nya apa ?
    2. bagaiamana cara masuk ke jaringan mereka ( karena saya dah coba pake ether detect tapi saya kurang ngerti pake nya, mungkin ada software yang lebih gampang )?
    itu aja pak, semoga bapak dpat membantu.
    makasih.

  24. yudi says:

    mohon petunjuk nya
    saya pengen buat akses poin di sebuah gedung berlantai 10 trus untuk client saya tidak mau menggunakan kabel
    kasih tau caranya dong and perangkat apa yang bagus ya

  25. Steve says:

    Btw ada yang bisa bantuin saya untuk beli Wireless AP Planet WAP-4000 ??
    Minta tolong dong kasih alamat/no telp toko-nya sama harganya juga. minta tolong di email ke saya yaaaa….
    xw1nd0w@yahoo.com
    thanks before :)

    salam….
    Steve

  26. ari says:

    mas,mau tanya.harga wireless access point brapa sich?belinya dimana ya???bls ke emailku ya!!!!!!!!

  27. marjon says:

    Mau Nanya sedikit Nich…2 ap(access point_ di bridge lalu di routingkan apakah bisa???

    Terima kasih

    Marjon

  28. obel says:

    Boeat Bpk tau temen2lain
    gimana supaya jangkauan AP bisa lebih jauh dan dptditerima ditempat lain ,apa ada alat yang mesti dipasang,seperti; antena,boster atau ap
    thak’s berat

  29. teguh says:

    saya baru belajar WLAN. Saya akan mencoba menggunakan Wireless Acces Point (WAP) untuk akses jaringan dan internet. Di sekolah tempat saya mengajar akses internet menggunakan speedy. Dapatkah WAP langsung saya koneksikan ke hub untuk memencarkan sinyal yang dapat diakses oleh laptop yang memiliki fasilitas wireless. mohon bantuan kalau ada konfigurasinya sekaliyan terima kasih

  30. Saiful Adi says:

    saya sudah punya AP router switch yang terdapat dalam satu alat linksys WRT54G. trus saya mau mengembangkan WLAN, beli juga WRT54G nah gmn cara pasang or seeting kedua alat ini WRT54G yang ke dua hanya difungsikan sbg AP saja. mohon bantuan..

  31. harpe says:

    Mohon pencerahannya,

    Saat ini saya lagi nyobain Linksys WRT54GL dikantor, cuma saya bingung gmn caranya agar ip yang diberikan untuk client wireless saya didapat dari dhcp server yang selama ini dipake oleh user non wireless…

  32. donny says:

    pak sy pk koneksi speedy..trus krn adsl port untuk rj 45 cm satu..saya sambung ke akses point..merk LinkSys WRT300N,saya minta tolong bantuan untuk cara settingannya..
    terima kasih

  33. bang toyib says:

    Ada yang mau ngajarin saya gak nih???
    Buat jaringan wlan secara detail ???
    Aku bingung banget buat wlan yang cocok untuk jangkauan 5 km dari kantor ke rumahku???
    Tolong bantuin, kirim bantuanya ke e-mailku nih toyibin13@plasa.com

  34. ageng says:

    minta tolong dong pak, saya mo masang koneksi LAN wireless dengan jumlah 600 user di 10 ruangan yang berdekatan, bagaimana solusi yang terbaik. perangkat apa aja yang diperlukan..

    terima kasih

  35. denny says:

    pa saya baru belajar tentang access point saya tertarik bgt tentang accsess point saya minta bantuannya untuk bagaimana cara konfigurasi dan cara setting wap karena dirumah saya 2 lantai kalo pake kabel sering error.

    saya mohon bantuannya pak. caranya setting dan konfigurasi step by step.

    terimakasih

    regard

    denny

  36. oman says:

    pak, saya baru beli AP second D-link DWL-2100AP, nah yang ingin saya tanyakan gimana menggunakan dan cara setting konfigurasinya, kata penjualnya ip nya 192.168.5.1, mohon pencerahannya….

  37. Derry Nur says:

    pak mohon bantuannya saya ada proyek membangun jaringan wireless acces point 150 client dengan server linux bisa ga pa dibantu?

    1. setting dan konfigurasi step by step.
    2. setting server linux nya

    terima kasih sebelumnya pak semoga bapak bertambah ilmunya amien?

  38. nikolas says:

    pak kalo bisa sertain juga detail2nya dan cara pakai mikrotik juga, karena saya tetarik
    ke email shachimi_ar@yahoo.com
    terima kasih pak

    nikolas

  39. zymanq says:

    wah saya newbie dibidang wireless, thanks infonya

  40. Kang Mas Joko Wilopo says:

    ni NEWBIE bgt…..!!!
    minta Helpnya yang banyak yaaaa
    Q lagi mo pasang AP (D-Link DWL-2100AP) ni… rencana access dari router mau langsung di sebar ni..(Antena–>Router–>AP). konfigurasi apa aja toh yang dibutuhin untuk koneksi tersebut… apa router perlu di seting ulang atau tinggal tancap sudah beressss??? :D (Q gk ngerti tentang linux jeeeeee) BTW routernya pake Microtik.

    Klo skarang ini Setingannya belibet bangettt…(Antena–>Router–>PC–>AP…….PC with WLAN—–> baru nyebar dehhh).

    Pliss ya Help me banget….
    mr.joko.wilopo@gmail.com

  41. Oktavianus says:

    Bagaimana supaya restricted access-nya bisa di implementasikan ? Karena, saya coba setting untuk membatasi atau mem-blok beberapa situs, tidak berhasil ?terima kasih atas bantuannya.

  42. TO'O says:

    gaman sih cara konfigurasi linkys WRT54GL buat jadi AP

  43. dolphin says:

    Salam kenal….
    tadi mapir dan sempat baca2, blog nya bagus!
    http://klinkdolphin.wordpress.com/2007/12/08/wireless-kung-fu/

  44. Fendri says:

    bagaimana cara mengkombinasikan jaringan wifi dan jaringan kabel? ada yang bisa bantu? terimakasih!

  45. arie says:

    mas, kira2 access point tu harganya berapa ya…?

  46. Ibnu hasan says:

    Salam kenal…..
    Saya juga mengalami hal yg sama dimana lupa password confignya. Truss gimana dong cara untuk memperkuat sinyal dengan cara repeater. Saat ini sy menggunakan Linksys WAP54G. Alat apa yang perlu sy tambah dan gimana settingannya.

  47. peewe says:

    wong dari antena >>ruter>>HUB/SWITCH wae langsung tancep bossss lancar semlincir.,.,.,

  48. adeck says:

    pak…saya mau nanya neh…
    ada yg bs kasih tau cara untuk setting modem wireless gak ya…
    saya pny modem wireless dan mau sy gunakkan ternyata gak bisa…
    bs gak saya dbantu untuk setting untk kedua sisinya ( Modem & Laptop)
    bisa dikirim lewat email gak neh….

  49. nuri says:

    lam kenal
    Saya masih NewBie dengan Linux, mau nanya kemaren memasang Access Point, tapi passwordnya gk tau itu gmn ya? semuanya sudah di konfigurasi dan routernya sudah jalan, tapi permasalahnnya di Passwrd Access Pointnya. kalau bisa kirim ke e-mail saya nurie_litalini@plasa.com
    Thank’s

  50. Eko P says:

    Saya sudah buat AP melalui ADSL, tapi sekarang saya buat AP dari fastnet (kabel vision) kok nggak bisa narik internet, untuk data antar notebook sudah jalan, untuk proxy saya gunakan wingate sebagai pembagi, tapi kok nggak jalan internetnya, tolong pencerahannya.

  51. Jack Napitupulu says:

    Met siang Pak, untuk membeli alat Wireless Access Point Merk asus type WL-320ge paling cepat dan gampang dimana ya Pak. mohon bantuanya dan terima kasih.

  52. safa says:

    maaf, klo p’tanyaannya katrok…!hehehhehe
    pak bisa bantu aku ga buat nyari referensi ato makalah membangun jaringan berbasis W- LAN dilengkapi dengan router yang menggunakan OS linux,
    udah itu adja
    thank’s

  53. Nurdin says:

    Saya lagi pusing nih gimana membuat jaringan dengan wireles, bisa diterangkan gimana memulai sampai konet

  54. GuntuR says:

    mohon pencerahan pak, saya udah punya model adsl yang tehubung dengan speedy dan disambungkan dengan pc lain menggunakan hub, terus udah beli wrt54gl rencana mau di buat ap, settingan nya bagaimana yach apabila AP tersebut koneknya ke hub

    terima kasih

  55. Fuadz says:

    Salam kenal mas suryana,saya fuad disini saya mendapatkan masalah dalam hal konfigurasi access point. Access point yang kami gunag sudah kan bermerk Prolink WER 401, disini konfigurasi awal yang sudah ada dimana internet IP address 10.7.17.247 dengan IP LAN 192.168.62.1. Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya untuk merubah konfigurasi access point dimana IP internet dengan IP LAN tergabung dalam satu network. Tolong bantuannya mas ??? kalo bisa tolong berikan kami rujukan referensi yang lain mas. Terimakasih

  56. ns says:

    @GuntuT dan @Fuadz
    Cara paling simple untuk menyambungkan koneksi internet
    dari modem ADSL atau lainnya adalah jika access point (AP) dilengkapi
    dengan port ethernet. Pengguna akan cukup ringkas memasangnya:

    1)
    Masukkan kabel UTP dari modem ADSL ke port ethernet di AP
    (biasanya pada di AP port tsb bertuliskan internet)

    2)
    Masukkan kabel UTP dari PC atau bahkan dari HUB ke port
    ethernet yang ada di AP.

    3)
    Konfigurasi AP melalui web

    4)
    selesai

  57. Rusdi says:

    Gimana caranya mengkonfigurasi wlan di pc menggunakan windows xp, usb wireless adapter, truss access point prolink.

    trim’s

  58. desta says:

    pak bole nanya ttg implementasi dan konfigurasi untuk otentikasi access point menggunakan Radius dengan backend LDAP.. mohon bantuannya. Jawaban kalau bisa dikirm ke email saya. terima kasih

  59. kevin says:

    Saya pemula dalam bidang internet,…saat ini bisa access di kantor pake laptop hingga radius 200-300 meter dari kantor…permasalahanya adalah bagaimana caranya bisa access dari rumah,jarak kantor sampai rumah +- 3 KM….apa saja yang harus di siapkan…belinya dimana???, bikin sendiri bisa ngga?
    terimakasih sebelumnya

    kevin

  60. Gian Wong says:

    Maaf ya saya juga lagi cari – cari cara setting / konfigurasi AP ko disini nga ada jawabanya, tolong donk ada nga langkah-langkah konfigurasi AP yang lebih detailnya.
    Terima kasih atas jawabanya.
    Diantos pisan ya………

  61. fyan says:

    saya mau tanya kemarin kan acces point d kerjaku rusak, trus d ganti baru tp saya gak tahu cara ngeset untuk konek ke server. gmna ya bos cara ngesetnya?servernya d gedung 1 acces pointnya d gedung 2 saya minta tolong.bls ke emailku ya bos .makasih

  62. ns says:

    @fyan
    sebaiknya setting yang lama diketahui lebih dulu, ketahui lebih dulu:
    1. server yg ada di gedung satu pakai IP berapa?
    2. DHCP ditangani dari AP atau dari server?

    jika sudah diketahui, kirim infonya kesini lagi ya.

  63. ns says:

    @kevin
    akses wireless dari jarak sekitar 3 KM dapat dilakukan bila:
    1. Kantor memasang antena penguat/transmiter
    2. Arah antena dengan rumah anda searah dan tidak ada halangan
    3. Di rumah anda memasang antena penerima

    @Rusdi
    Pada buku manual atau file petunjuk yang ada saat beli AP Prolink mestinya telah tersedia, coba baca dulu ya :)

  64. dito says:

    met kenal, om ana bikin ant kaleng ,ane arahin ke tower warnet, tapi kagak dapet itu yang namanya acces point. ane pake wlan pci card merk ASUS. THANKS

  65. anggrhey says:

    1. saya sekarang sedang merancang untuk menampilkan siaran langsung FIFA melalui satelit dan saya koneksikan dengan LCD Projector kemudian disorotkan ke screen ukuran besar….saya mo nanya alat2 apa aja yang saya perlukan ?

    2. kalo untuk koneksi antar a LCD semi wireless dan notebook buatuh access point type apa ?

    3. terima kasih.

  66. rofiq says:

    Pak saya minta tolong cara konfigurai untuk Access Point untuk dua komputer atau lebih. mulai dari pemasangan sampai terkoneksi,dan buku apa yang perlu saya baca karena saya pemula..

    Terima kasih banyak atas jawabannya…
    tolong buangget ya pak….
    saya tunggu buangget jawabannya

  67. wilis says:

    Iya update firmware memang perlu untuk memperbaiki kinerja dari access point

    http://www.netkom-wifi.com

  68. aidil says:

    saya punya warnet,sekarang saya ingin membuat warnet saya bisa acses poin.jadi member bisa akses internet menggunakan laptop sendiri di sekitar warnet.kira-kira bisa gak y?tolong bantu saya ya.thanks….

  69. antek says:

    heeeeeeeeeeelp mi plis…….
    aku punya AP merek 3Com wireless 8760 , dan aku gak bisa gunakan padahal sayang bangat kan belinya mahal-mahal tapi gak kepake. sayangnya CDx uda hilang gimana solusinya mohon bantuannya para senior2 kalo bisa step by step konfigurasinya ya…. plis bangat nih…
    kalo bisa lagi caranya di kirimkan ke email aku mir80_kdi@telkom.net
    atas bantuannya saya ucapkan semoga tuhan yang maha esa memberikan rejeki yang lebih banya lagi thanks

  70. well says:

    saya punya laptop yang terhubung dengan internet menggunakan modem ADSL Speedy.bagaimana menshare internet dari laptop saya ke laptop yang lain menggunakan wifi.tolong kasi tau ya setingannya.makasih

  71. obel says:

    saya punya AP dan Router Speedy, Ap sudah koneksi ke Router Speedymelalui HUB
    Router saya buat DHCp dan AP saya buat DHCp juga, kemudian sayakoneksikan laptop saya ke AP, tetapi kenapa saya gak bisa akses internet dari laptop, dan harus di set manual IP wireless laptop baru bisa akses, maunya laptop ipnya automatic mohon pencerahannya

  72. Arie says:

    Mas, mau tanya. saya pemula di internet. ada rencana mau pasang speedy. ternyata kata orang telkom bisa pake modem adsl wireless, sehingga bisa seperti hotspot gitu. radius 40 M.
    apa benar…kalo gitu saya bisa join sama tetangga untuk pake paket corporate 700rb per bulan. bisa ga ya.
    atau mas bisa minta no telp yang bisa di hubungi. soalnya di sini warnet jarang dan penuhn terus….hee.hee.
    thanks

  73. opi says:

    Perhatian…!!!!!!!
    PERHATIAN…!!!!
    Pak, mau minta ilmu nih, saya bener2 newbie di dunia networking.
    cara konfigurasi AP buat radius server gmn ya?
    trus radius server yg saya pakai adalah IAS di 2003 server, mau nanya cara kerjanya kayak gmn? kalo bs konfigurasinya ama alur prosesnya ya.. hatur nuhun..
    Kalo bs dikirim ke e-mail aku ya pak di kerang_bambu@yahoo.com
    teriiiiiiiiimmmmmmmmmmmmmaaaaaaa kaaaassssihhhhh

  74. SAms says:

    ada masalah dengan wireless atau seputar jaringan ?
    silahkan japri ke kita ^_^

    kasih dah solusinya

    YM : rtrwnetonline@yahoo.com
    E-Mail : rtrwnetonline@yahoo.com

  75. E-one says:

    sobat, aq minta tolong nich, jika ada yg tau untuk setting akses point antar dua tempat yang berbeda (nggak jauh sich cuka 150 m, tapi kehalang dengan rumah orang lain).

    saudara saya menggunakan AP wifi ( rumah depan), di rumah sy (2 rumah di belakangnya) sich kedetek sinyalnya tapi kecil dan sering putus , sy di anjurkan beli AP lagi yg nanti sebagai penguat sinyal , ceritanya dah beli,eh ternyata sy masih bingun untuk menginstall / mengsetnya, dan dah coba masih nggak jalan………….

    Tolong donk bagi sobat yang mau bagi ilmunya………. ,

    maklum sy tidak pengalaman , dan masih Oon di jaringan.

  76. Dj says:

    Koq…pertanyaannya banyak tapi gak ada solusinya??? macam manah nih Forum diskusinya

  77. DANU says:

    mas tolong donx,aku mau instal access poin tapi gak tau caranya,gimana ya mas caranya? tolong ya mas, makasih.

  78. abuhurairah says:

    buat galuh
    pasang speedy telkom yang unlimited (insyaAllah kecepatan 1M mau dilaouncing oleh Telkom), saya sarankan :
    1) menggunakan Modem/router ayang wireless (rp 950 k-1000 k)
    2) menggunakan AP yang powernya 400 db (rp. 1650k -2000 k)
    3) Menggunakan antenna Omni (rp. 650k-750k)
    4) pigteil 40 cm-80 cm (80 ribu)
    5) pipa buat dirikan antena)
    gampang langsung onair..
    biaya per bulan Rp. 750.000 (bisa disharing dengan warga setempat)
    selamat mencoba

  79. The_who says:

    Mohon pencerahannya, tentang konfigurasi & topologi kalo mau pasang 4 antena GRid utk 4 arah,biar max sampai klien.
    Apa hrs pake 4 AP juga ?
    Ato ada AP dengan 4 slot antena?
    Kalo memang harus pake 4 AP bagaimana konfignya apa di jadikan reapeter atau berdiri sendiri2 dengan SSID sama tapi cahnnel freq. beda ?
    Mohon pencerahan.

    Bagas

  80. vetree says:

    eh jenis-jenis radio tu da brp????
    lez cpet ya????/
    cz ni tgs dr skolahq….

  81. Heri says:

    Tolong dong bagaimana meng-conectkan client ke billing?cpt

  82. Arip says:

    @Hanung

    Untuk reset asu24005g, pake file alconresettor.exe. Bisa dipake untuk brand JAHT JWP-9004F12, JWP-9004BM atau Planet WAP-6000, brand aja yang beda, isinya sama kok.. Monggo di googling.

  83. Arip says:

    @The_who

    Gak perlu sampe 4 AP, silakan menggunakan signal splitter 4-way, di pasaran banyak banget. dan saran saya, untuk area lebih luas, lebih baek pake jenis sectoral 3 biji, udah cukup sekalle untuk mengakomodir client hingga 3KM (untuk AP dgn power 100mW).

  84. Arip says:

    @E-one

    Untuk jarak segitu, dengan kondisi non-LOS alias gak keliatan dengan naked-eyes alias mata telanjang, jgn pake antena bawaannya (paling2 2dB,atau 5dB untuk brand Linksys jenis WRT dan WAP), silakan pakai antena luar jenis Yagi atau Omni di salah satu unit dan set sebagai AP (access point), dan untuk penerimaan yg signal lebih mumpuni, monggo di pakai antena Yagi atau wajanbolic pada unit lainnya dan set sebagai Wireless Client atau repeater. Atau keduanya juga bisa menggunakan wajanbolic sebagai media.

  85. Arip says:

    @aidil

    Untuk client dengan media wireless, gak ada bedanya dgn media kabel, hanya saja penggunaan login script untuk mengaktifkan billing yang sifatnya dinamis, artinya tidak permanen sehingga pada saat pengguna laptop logout, aplikasi login billing tersebut removed dengan sendirinya, atau yang semacam itu. Cukup set media wireless sebagai AP, dengan tidak mengaktifkan fungsi router atau NAT, sehingga IP address laptop yang digunakan sebagai identitas billing setiap node, tetap berfungsi.

  86. nana says:

    mohon info,
    kalo AP difungsikan sebagai Hotspot, kira2 bisa jalan normal diakses berapa user yaa?
    apa ngaruh dari bandwidthnya jg?bagusnya pake bandwidth berapa?

    misal ada 30 laptop, apa cukup 1 radio Hotspot aja untuk ruangan hall 30m x 45m…??

    terus ada saran gak AP yg bagus kira2 merek apa..?

    tolong yaa…

  87. christ says:

    mohon info…

    saya punya laptop merk AXIOO, system operasi yang dipakai Windows Vista Home Premimium. dalam laptop tersebut sudah tersedia layanan untuk melakukan akses menggunakan internet secara online melalui mekanisme wireless.
    tapi saya bingung dan belum paham secara mendalam untuk melakukan setting secara pribadi, apakah saya dapat memperoleh settingan secara manual berupa petunjuk dari kawan-kawan. langsung saja dikirimkan ke alamat email saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuaannya.

  88. koprilia says:

    mas ada tutorialnya ga???

  89. karol says:

    mas,saya mau tanya kalau mau mengkoneksikan dua akses point apakah harus sama mereknya??

  90. karol says:

    mas,mau tanya kalo mau mengkoneksikan dua access point apakh harus mereknya sama???

  91. JODYE says:

    teman2….
    tulunkngin akiu dunk…….
    aku pake AP WAP54v31…. terus akuset sebagai AP…. terus aku konek dari swich…. nah pada saat aku pake wifi di satu laptop bisa jalan tuh jaringan……
    tapi saat aku hidupkan wifi yang ke dua gak bisa jalan……setelah aku matiin wifi yang pertama dan aku refres wifi yang kedua jalan tu jaringan …..

    aku dah cobain berbagai cara tapi masih mentok juga…….
    teman2 ada yang punya saran gimana supaya AP ku bisa di pake wifi rame2…

    makasih sekale atas bantuan teman2 master semua

    by

    JODYE BENGKULU

  92. JODYE says:

    teman2….
    tulunkngin akiu dunk…….
    aku pake AP WAP54v31…. terus akuset sebagai AP…. terus aku konek dari swich…. nah pada saat aku pake wifi di satu laptop bisa jalan tuh jaringan……
    tapi saat aku hidupkan wifi yang ke dua gak bisa jalan……setelah aku matiin wifi yang pertama dan aku refres wifi yang kedua jalan tu jaringan …..

    aku dah cobain berbagai cara tapi masih mentok juga…….
    teman2 ada yang punya saran gimana supaya AP ku bisa di pake wifi rame2…

    makasih sekale atas bantuan teman2 master semua
    dan terimakasih juga kl ada yang berkenan memberikan bantuan melalui E-mail aku Jodye_desnata@yahoo.co.id

    by

    JODYE BENGKULU

  93. oktaviana says:

    saya mau tanya gmn cara membuat jaringan komputer dgn daya keluaran pemancar AP 15dBM dan 23dBM. sensitivitas penerima standard yang ada di pasar:
    laju 54 mbps kepekaan <= -69dBM
    laju 48 mbps kepekaan <=-70dBM
    laju 36mbps kepekaan <=-74dBM
    laju 24mbps kepakaaan <=-77dBM
    laju 12bps kepekaan <=-83dBM
    DARI BEBERAPA KELAJUAN TERSEBUT MANA YANG BAGUS UNTUK JARINGAN POINT TO POINT,DAN BERIKAN KETERANGAN SELENGKAPNYA?
    MOHON JAWAB SEKARANG………..
    KARENA PENTING SAYA TUNGGU SARANNYA TGL 10 JULI 2008

  94. M. Al' Amin says:

    artikel bagus,trims

  95. koko says:

    buat yang blom tau ngoneksikan wifinya ke AP moga jadi solusi
    gini pak/ibu/om/tante/mas/mbak untuk nyambungin wireles ke AP kita kudu tau dulu APnya itu di protect ato ga. nah klo ga keprotect biasanya langsung connect, tinggal TCP/IPnya di obtain aj.truss browsing langsung nyambung.
    nah klo ke protect tu perlu pengetahuan yang lebih lanjut. ada beberapa macem tingkat pengamanan. yang pasti jgn prnah nyerah aj (asal buat belajar) yang perlu diketahui KLO YG NAMANYA DUNIA NIRKABEL BANYAK SEKALI KELEMAHANNYA.
    ada beberapa program yang bisa nembus misal EASY WIFI RADAR (di download aja di paman google) tutorialnya ada di youtube. nah klo blom bisa itu artinya AP nya pyak sistem pengamanan yg bagus.
    nah klo km smua pandai untuk maen dos, asli km bakal bisa nembus tu AP, caranya lewat aircrack/airdumb ato banyak lagi deh.tp yang pasti jangan pernah nyerah.

  96. zip says:

    mana nih konfigurasi wirelessnya,biar aku bisa bikin sendiri..

  97. agung says:

    bapak yang terhormat,
    saya punya wireless wrt300n, kl untuk link dan internet semua berfungsi dengan baik. saya menggunakan linkhub AT-FS72L 24 port linksys saya hub ke linkhub. namun yang menjadi kendala saya yaitu saat saya menggunakan wireless orang yang lain yang mendeteksi wireless saya juga ikut nimbrung jadinya hotspot untuk daerah saya. mungkin ada saran dan ilmu bapak untuk supaya wireless saya tidak bisa dikoneksi orang lain atw kl mau koneksi minta ijin terlebih dahulu. sehingga data dan koneksi saya tidak lambat.
    terima kasih sebelumnya

  98. verdi says:

    Buat yang mau bantu dalam penyettingan Wireless router Netgear Wgrv7, saya mau mencoba pembatasan akses user/client dengan menggunakan password pada routernya tetapi mengalami kendala.mohon bantuannya :(

    Ini juga,setiap kali setup lewat drivers yang tersedia, diminta untuk me-nonaktifkan proxy dan VPN yang tersedia. Memang bisa masuk ke alur penyettingan tetapi tidak bisa sampai successfull,apa mungkin masih ada yang belum saya lakukan??sehingga menghambat saya dalam pembuatan password pada routernya.

    thanks before :)

  99. sony says:

    kayaknya gak ada solusinya nih pertanyaan dari temen2 di forum ini

  100. asepsaepuloh says:

    Aku pengen biza penginstalan linux sama konfigurasi buat jaringan y

  101. cahugeem says:

    Salam kenal paaaa
    Ada beberapa masalah mungkin bapak bisa membantu, dirumah saya memiliki AP merk TP link dan anntena Grid yang saya maksudkan untuk digunakan menembak hostpot yang ada disekitar rumah saya, tujuannya percis seperti kebanyakan orang sekarang nembak hotspot pake wajan bolik. Namun ada beberapa masalah dalam penggunaan perangkat saya tersebut, setelah disurvei pake softwear bawaan dari AP banyak hotspot yang kedetek namun AP gak bisa connec2 dengan hotspot satu pun meski sudah dicoba diganti2 setingan wirelles AP nya(client, point to point,dst). Bagaimana ya pak cara setingan network connectionnya.
    Mudah-mudahan bapak bisa membantu saya memberikan solusi atas masalah saya tsb

  102. poel says:

    nanya dong,… WAP54G (Linksys) bisa di pakai untuk hotspot kah? Maksudnya, bisa di konfigur seperti: Cabel Modem (Router) – Komputer – WAP…
    Setingan gimana kah (kalo bisa) ? Thx

  103. ali says:

    met pagi,mau tanya dong di kantor saya pake AP linksys ada 3 buah untuk masing2x gedung A,B dan C, gdng A diset sebagai AP utama yg terhubung dengan server internet.untuk gedung B sudah terhubung dengan gedung A dan internet sudah berjalan,tetapi untuk gedung C belum terhubung internetnya dengan gedung A tetapi sharing printer bisa .padahal saya sudah masukkan MAC Address punya gedung A & B tetapi masih tidak bisa juga dimana kesalahan saya tolong bantu dong.kalau AP gedung C saya matikan bisa terhubung dengan AP Gedung B dan internet bisa jalan tapi sinyal lemah dan sharing printer ga bisa.thank

  104. Arip says:

    @nana

    Model A sekarang kan udah default di 11/54, klo mudahnya set mixed, jadi speed tergantung dari client sendiri. Saranku jgn letakkan fungsi account di AP engine-nya bakal termehek-mehek, brand terserah namun baca juga fiturnya bisa mengakomodasi berapa user. Rata-rata adalah sekitar 100 user.

    Untuk ukuran segitu silakan mencoba LinkSys WRT54x yang udah diupgrafde firmwarenya, sehingga power WLAN bisa terdongkrak. Power WLAN di seri LINKSYS secara default hanya 28dBm. Kecil toh.. maksimum setelah diupgradde adalah 250 dBm.

  105. Arip says:

    @karol

    Gak mesti lah. Asal keduanya menggunakan aturan yang sama, misalnya sama-sama memuat multimode b/g. Namun sekarang kan udah secara default memuat fitur bisa format wireless di level a/b/g.

  106. Arip says:

    @JODYE

    WAP54v31 kan hanya lebih ideal sebagai AP tok, seharusnya gak ada masalah jika diakses oleh lebih dari 10 client sekalipun. Monggo dilihat lagi konfigurasinya.

    UTP nyambung ke switch, dah selesai. IP dalam WAP54v31 hanya untuk control alias console.

  107. Arip says:

    @agung

    Dalam LinkSys WRT300N ada fitur Wireless MAC Filter, monggo diaktifkan, sehingga hanya Wireless client tetentu yang pak Agung perbolehkan “join” dalam network yang pak Agung buat melalui WRT300N.

  108. Arip says:

    @verdi

    Coba nonaktifkan fungsi proxy dalam browser yang digunakan.

  109. Arip says:

    @sony

    Maaf baru bisa akses internet lagi… mohon maaf.

  110. Arip says:

    @asepsaepuloh

    Silakan search dan unduh materinya dalam situs warungplus.com atau katz.cd

  111. Arip says:

    @cahugeem

    Dalam pola keamanan koneksi wireless, ada firus WEP dan MAC filter. Untuk meminimalisasi gangguan koneksi wireless, suatu Access Point tentu akan memuat kode pengamanan tertentu dengan salah satu atau keduanya, WEB dan MAC filter.

  112. Arip says:

    @poel

    WAP54G hanya sebagai Access Point, pengaturan dalam model HotSpot sepenuhnya diatur dalam perangkat lain. Mulai dari IP DHCP, authentication mode, time limit dan mungkin billing diatur oleh perangkat diluar itu.

    Sederhanya : client – WAP54G – Radius – Internet / Modem

  113. Arip says:

    @Ali

    Coba cek ip gateway dan atau DNS. jika bisa share printer artinya wireless gak masalah.

    Sinyal lemah ? coba upgrade firmware LinkSys dengan versi opensource.

  114. ali muchtar says:

    pagi pa,mau tanya sedikit

    saya punya masalah sedikit tentang Access Point Linksys wap54g.
    dikantor saya pake acccess point 3 buah untuk masing2x gedung
    Gedung A komputer server yg sudah terkoneksi dengan internet dan beberapa client.
    gedung B 3 komputer dengan jaringan lokal
    gedung C 4 komputer dengan jaringan lokal
    maksud saya mau memperluas area wireless supaya gedung B & C bisa untuk internet juga.maka sya pasang Access Point setiap gedung
    gedung A saya pasang AP yang terhubung dengan modem ADSL dan komputer server saya setting sebagai AP Utama
    gedung B saya setting sebagai repeater
    gedung C saya setting sebagai bagian repeater
    kondisinya :
    untuk gedung B Access Point sudah terkoneksi dengan Access Point gedung A dan internet berjalan.
    untuk gedung C Access Point tidak terkoneksi dengan gedung A sehingga internet tidak bisa.
    saya sudah setting AP Gedung C dengan memasukkan MAC Addressnya AP Punya gedung A Dan Gedung B hasilnya tetap tdk bisa internet.
    bagaimana ya pa settingnya AP gedung C supaya bisa internet
    mohon penjelasannya.terima kasih

  115. dinna says:

    pa,, saya mo pasang wireless di rumah,, yg bagus untuk jangkauan,dan kecepatan data itu bagus nya nya pake wireless tipe apa G/N atau dll,, kl bisa referensi in merk nya ke email ak,,
    salam hormat, trimakasih
    alfdin_2210@yahoo.com

  116. brian says:

    mau tannya ne pak..mengunakan modem adsl linksys untuk speedy apa sama cara settingya dengan menggunakn modem yang lain…terus kelebihan dari modem ini apa…masalhnya saya menggunkan modem X ko cpet banget panas dan klo udah panas biasanya mati…mohon jawabanya dikirim ke e_mail saya ya pak..sblumya terima kasih..

  117. Arip says:

    baru baca2 lagi di situsnya Soeryana.. sowreee..

    @ali muchtar
    apakah B & C mempunyai brand yang sama ? klo iya berarti kurang 1 pertanyaan. klo beda, maka ribet juga, masalahnya adalah bahwa chipset Realtek tidak selalu sukses menjadi AP bagi perangkat wireless dengan chipset yang berbeda, begitu juga dengan beberapa chipset milik Mikrotik. Lagian pak Ali tidak menyebutkan brand perangkat wireless yg digunakan.

    Jika B dapat terkoneksi dengen sukses ke A tanpa memasukkan MAC Address, artinya dari C ke A pun tidak perlu memasukkan MAC Adress milik C pada AP A, ya kan. Monggo diperiksa kembali konfigurasi pada C, bukan pada A dan B. Dan juga gak ada salahnya “menyalin” konfigurasi B pada C.

    Andaikata koneksi B ke A menggunakan modus Repeater, tidak juga langsung C dapat menggunakan cara yang sama, tergantung penempatan perangkat C. Repeater kan “penyambung lidah” dari A, maka B juga berisi SSID A, jika C dipilih sebagai Repeater, ada kemungkinan bahwa SSID B yang ditangkap oleh C, atau sudut koneksi C yang tidak memungkinkan untuk menangkap SSID dari A.

    Monggo diperiksa kembali pak Ali

  118. Arip says:

    @dinna

    Atas nama kepentingan kompatibilitas perangkat wireless, lebih baik jika menggunakan tipe A/B/G. N masih merupakan “celoteh”, meskipun juga dijanjikan untuk tetap bisa kompatibel dengan tipe B dan G.

    Untuk merek, secara pribadi sih lebih menyarankan merek LinkSys, disamping terhitung MURAH, juga full features. Kalau modelnya bisa menggunakan WRT54GL, atau GS yang sangat mudah untuk di upgrade, ketimbang merek lain yang miskin fitur namun terhitung mahal macam Senao.

  119. Arip says:

    Aku secara pribadi cuman pengen ikutan berceloteh untuk thread ini, iseng2 berhadiah membantu sdr Suryana yang sepertiya makin sibuk bewrat nek…

  120. gideon says:

    om mohon pertanyaan tentang LCD Projector semi wireless yg dihubungkan ke notebook mohon ditanggapi.Aku tertarik juga ingin tahu.Tks

  121. ARTHA_LIZA says:

    aku mau tanya kepada siapa saja yg tahu nih,misal kita punya ip,kita mau bagi caranya gmna sih ?speed kita unlimited,terima kasih

  122. Arip says:

    @gideon

    klo LCD wireless aku blom pernah deh, waktu itu cuman trima beres hehehhe.. maap yah..

  123. Arip says:

    @ARTHA_LIZA

    maksudnya bagi2 ip ? share koneksi gituh ?

    klo punya 1 akses unlimited (hwatever way, DHCP or STATIC IP), share aja dengan NAT yang gampang. misalkan ip akses internet yang situ punya 10.10.10.10/29, untuk bagi2nya, berikan IP 100.100.100.100/16. masalah alatnya, pake aja LinkSys WRT54GS/L, fungsi routing bagi2 internet yang mudah namun fowerfull, pake kabel maupun wireless.

    mudahan membantu sikit..

  124. panjie says:

    ahk terkadang juga jadi kesel ni…pasang Wifi di rumah dengan kapasitas 256 kb/ps
    kira’in bakal cepet, eh gak tahunya sama aja..suka ngelek…
    ga’ tahu nya TTL nya cuma 64…pantes mpot2an…pengen jebol password admin gak tahu caranya n gak ngerti…tolong di pandu dunk biar bisa naikin TTL nya minimal jadi 128… “Please Help me….!”

  125. stalna says:

    Yth Mas Suryana,
    mau tanya :
    wireless laptop axioo saya sdh terkoneksi Internet via AP, sekarang saya mau membagi lagi koneksi internet tadi lewat wireless saya ke laptop wireless yang lain (masalahnya AP tidak sampai ke yang lain, bisa tidak yah ??? atau harus menggunakan aplikasi tambahan mungkin ?

    thanks.

  126. bigbroery says:

    Salam kenal,,,,
    Saya baru di dunia wifi, mo nanya-nanya nih.
    Saya mau buat jaringan wifi di kantor saya. Untuk Informasi, Kantor saya berukuran 30 x 12 m (memanjang kebelakang). dengan 12 ruangan berhadapan, dan ada 2 ruangan yang didalam ruangan. Saya ingin menjangkau semua ruangan itu dengan wifi. Untuk informasi juga, dikota saya, alat yang tersedia hanya LINKSYS WRT540G2. Mohon pencerahannya mengenai cara seting yang baik dan apakah dengan alat itu saja sudah cukup. Terima Kasih.

  127. idhan says:

    salam kenal ….

    saya punya linksys wrt300n setelah di upgrade koq malah led wirellesnya g nyala
    terus g bisa masuk web setupnya di ping juga g tembus tolong kasih tau carana spy bisa masuk lgi ke web setup nya, rencanaya kl bisa mau di balikn lagi ke originalnya

    tolong teman2 ada yg bisa bantu memberi saya pencerahan supaya bisa masuk ke web setupnya…..

    terima kasih sebelumnya…..

    dan salam kenal buat adminya dan semua

    please help me hiks hiks hiks…..

  128. tam@ says:

    saya mo naxk gmn crx mengacses wireles s dengn tplink jika kita ingni memancarkan dan yng lain sebagai penerima
    cz saya lagi perktk setting wireles sebagai penerima dan pemancar

  129. Joko says:

    Salam kenal Mas Suryana. Mo nanya ni Mas, laptop temen sy tidak bisa mendeteksi signal AP padahal kalo dari laptop sy signal terdetek & koneksinya bagus. Mohon pencerahan. Laptop yg tdk bs detek merk ION OS:xp3 wireless: realtek

  130. agus says:

    mas mau tanya apa bs wireless router atau ap di jadikan repater?
    kalau bs gmn caranya? pls salam kenal

  131. suga says:

    salam kenal mas, mas mo nanya tentang jaringan wireless, saya masih awam bisa dibimbing mas thanx

  132. donik anggraini says:

    salam knal
    mas saya mau tanya gmn cara membangun jaringan wireles yang baik?dan apabila mas punya banyak referensi tentang jaringan mohon dikirim k email saya coz saya butuh buat laporn tgas kmpuz,oiya mas barang kali punya ide buat judul TA,cz q btuh bngt.thx maz…

  133. yusron says:

    Originally Posted By arifinsaya orang baru dalam dunia jarigan, sya ingin mengetahui lebih lanjut tentang setting server karena aku saat ini hanyalah sebagai client dari AP di kantorku dimana ya Bisa aku dapatkan bimbingan mengenai setting server?

    regard,

  134. bams says:

    saya baru belajar WLAN. Saya akan mencoba menggunakan Wireless Acces Point (WAP) dari SENAO untuk akses internet. Di sekolah tempat saya mengajar akses internet menggunakan speedy dengan modem D’Link 4 port dengan IP default 192.168.1.1 padahal pada WAP SENAO default IP juga 192.168.1.1 apakah tidak jerjadi konflik jika WAP langsung saya koneksikan ke hub untuk memencarkan sinyal yang dapat diakses oleh laptop yang memiliki fasilitas wireless. mohon bantuan kalau ada konfigurasinya sekaliyan terima kasih, kenapa led pada hub pada WAP hanya satu yng nyala pada dari hub yang lain 2 atas bawah nyala semua, akibatnya koneksi lambat mohon saran dan infonya bos

  135. Zaka says:

    Saya mempunyai produk jwp-9004f12 gimana untuk mereset password. tolong ya di kirim ke email saya. igpacific@yahoo.com

  136. brama says:

    mas mau tanya nih , gmana ya setting akses point sebagai client ? ,soalnya saya udah ada akses point, rencananya saya mau curi hotspot dari sebelah rumah , tapi saya ga tau seting akses point nya, saya pakai TP-LINK akses point

  137. arip says:

    @bigbroery

    upgrade aja dulu dengan firmware dari DD-wrt, trus naikkan power wirelessnya jadi 200mW, jadi deh

  138. arip says:

    @bams

    ubah aja salah satunya, bisa dlink atau senao.. yg lebih gampang ya ip dlink aja jika udah tau user dan passwordnya..

  139. arip says:

    @Zaka

    pake aja alcon resettor.. coba cek di email, aku udah coba kirim.. gut lak.

  140. arip says:

    @yusron & Arifin

    setting server yg gimana ya ? server buat apa ya !?

  141. arip says:

    @donik anggraini

    banyak metode yg bisa dipakai untuk implementasi media wireless, dan itu tergantung kebutuhan serta kondisi di lapangan.

    ada PtP dan PtMP, dan ada WDS.

  142. arip says:

    @agus

    seharusnya bisa, tergantung merek juga sih..

  143. arip says:

    @Joko

    coba konfigure wlan adapternya. dan coba set adapter wlan tersebut pada mode mix b/g ajah. ada beberapa chipset wlan realtek yang emang lemah, dan aku pernah ketemu pada produk notebook axioo, dan ternyata emang modul yg terpasang emang lemah meskipun sudah dikonfigure maksimum.

  144. arip says:

    @idhan

    coba googling problem tersebut.. tahapan restore produk linksys banyak gak sesuai dengan manual produk ataupun manual dari firmware opensource..

  145. arip says:

    @panjie

    susah juga mas, soalna udah diatur ma si admin AP.. coba aja tracert ke gateway sampeyan, load paling besar dimana..

    @stalna

    tergantung gateway internet akses yang dituju sih.. paling mudah jika ditambah aplikasi tambahan..

  146. ary says:

    mo tanya …
    cara konfigurasi Radius Server untuk membnagun jaringan WLAN kyk pa ya???…
    truz,Radius Server tuch software tersendiri pa dah da didalam semacam kyk Windows Server …
    didlam Radius Server pa hrs membuat database jg didlamnya,ato data basex terpisah dr Radius Server…
    tlg infox
    ato balas ke email: arya_ktqq@yahoo.com

  147. rudi says:

    MOHON di Bantu…! saya pake wireless acces point TECOM yang memang Include sewaktu saya pasang SPEEDY. mslhnya skrg sya tidak bisa masuk ke acces pointnya,, dulu untuk masuk ke wireless Aces poin itu kan http://192.168.1.1 lewat web browser……… nahhh skrg dgn cara yang sama saya sdh tdk bisa masuk kesitu. tapi untuk jringan kabelnya bisa / msh bisa konek.
    MAKASIH BANGET klu ada yg bisa Bantu saya.. please

  148. sincan sltg says:

    pake wap yang seri n dan pake mikrotik nda usah pake linux dijamin beres. kalo u pake linux bisa aja dia sbg server tapi setingan agak ribet. kalo reset AP kamu tingga masuk ja kayak set modem adsl dijamin maknyus.

  149. shinichiozy says:

    kalo mau reset ya tinggal di tekan tombol reser aja toh, beres,,,

  150. santoso budi says:

    kalo temen2 ada kebutuhan utk membuat 1 gedung mau tingkat berapa aja utk bisa Wifi bisa email ke gw di budi_st10@ymail.com

  151. Rhabayani says:

    Hello mas, saya mau ? ninch gimana caranya settimg jaringan werles mulai dari 0 sampai terhubung ke Internet seoalx ak baru pemula…….

  152. firman says:

    Gimn caranya kalo mengatur radius hotspot……………..

  153. firman says:

    pake apa yah cara mengatur radius wireless……Modem D-LINK 2640T

  154. depi yani says:

    pak tolong saya dong pak saya anak smk yg mau belajar masang jaringan wlan tapi saya kurang ngerti pensettingan acces point nya.tolong tunjukin ya pak tolong kirim ke e-mail saya capricorn_dep@yahoo.co.id thank’s ya pak…^^

  155. Mas Surya selamat kenalan dari Natuna Kepri , saya mau setting modem wireless 3com untuk speedy, tapi belum bisa connect. Mohon bantuan cara setting modem wireless 3com untuk speedy ya Mass. Sampai sekarang masih belum bisa connect, karena baru mencoba modem 3com. Demikian terimakasi atas bantuannya.

  156. @nd! says:

    mau nanya nih… gimana cara nyambungin koneksi antar speedy biar bisa sharing program database . saya ada dua client speedy yang pengen programnya online satu dengan yang laennya. gimana cara setting nya… trim’s

  157. @nd! says:

    mau nanya nih… gimana cara nyambungin koneksi antar speedy biar bisa sharing program database . saya ada dua client speedy yang pengen programnya online satu dengan yang laennya. gimana cara setting nya… thanks

  158. novita says:

    mas,,,mau nanya
    biaya untuk merancang sebuah wireless pada sebuah leb kom,ruang TU,ruang kep sek.
    mas kira-kira berapa biaya nya????

  159. chiko says:

    om mau tnya
    rumah ane ada sapidi..mau ane bkin hotspot dirumah
    udah ada modem adsl…butuh router apa acs point ya biar bsa dipake hotspot dirumah…???
    kira kira murah mana?tksh info nya ditunggu….

  160. black says:

    mas bisa kah AP dibuat managemen bandwidth??? thanks b4

  161. ns says:

    @nd!
    Antar TelkomSpeedy (TS), misal TS1 dan TS2, harus memiliki IP Public,
    router untuk TS1 kemudian mengatur tiap permintaan aplikasi yang datang
    yang dari dari TS2 ke komputer/server yang ada di belakang TS1.

    @chiko
    paling sip pakai Access Point yang menyediakan 4 port ethernet,
    sehingga hotspot di rumah dapat diakses dari Wifi Notebook ataupun
    PC yang masih pakai kabel. Harganya saat ini relatif murah.

    @black
    Ada Access Point yang memiliki perangkat Bandwidth Management (BM).
    AP yang belum ada fitur BM perlu dihubungkan ke perangkat lain (PC).

  162. edo says:

    salam kenal pak.,mau nanya nih pak,saya punya acces point dengan 3 wifi yang saya siapkan buat koneksi LAN dalam 1 ruangan,yang harus saya lakukan setting pa saja pak?saya gunakan PC

  163. edo says:

    tolong kirim ke email saya,suwun

  164. ns says:

    @edo
    Maksudnya ada 3 Wifi USB Adapter/client?

    1. Pasang Wifi USB Adapater ke tiap PC (PC1, PC2, PC3)
    2. Aktifkan DHCP Server yang ada AP
    3. Wifi USB Adapter hubungkan ke AP, sehingga ketiga PC akan saling terhubung

  165. andry says:

    mas,mau nanya nih,saya sama temen pasang omni yang satu pake senao 2611 trus yg satu lagi ecb 3220.Yang modem 2611+ omni tp-link 14db saya pasang di tiang sekitar 2 meter dari dak dan satunya lagi yang pake ecb 3220 + omni 15 db finetic saya pasang langsung ke dak tanpa tiang,yang aneh nya signal yang didapat bagusan + stabil omni yang dipasang di tiang….tolong pencerahan nya pak suryana gimana cara pasang omni yang baik biar pancaran siganl nya optimal……tolong kirim ke email saya y……terima kasih

  166. ns says:

    @andry
    Biasanya perlu melakukan beberapa penyesuaian agar signal optimal.
    Misalnya mengubah posisi omni yg semula di dak dipindahkan ke tiang,
    yg di tiang dipindah ke dak, intinya melakukan ujicoba dengan tukar
    menukar posisi.

    Ujicoba juga dengan mengganti pasangan AP dan antena,
    ubah pasangan jadi senao 2611 + omni 15 db dan sebaliknya,
    dari kombinasi ini kemudian akan dapat melakukan trouble shooting.

    Semoga dapat sedikit membantu.

  167. Ex_Han says:

    Aku seneng mbacanya mudah dioahami,, bisa buat literatur neh,, thanks banget! Good Job Man!

  168. Ex_Han says:

    Originally Posted By Ex_HanAku seneng mbacanya mudah dipahami,, bisa buat literatur neh,, thanks banget! Good Job Man!

    @Ex_Han -

  169. AP yang bagus tapi murah seri berapa mas, aku mau pasang

  170. coki says:

    permisi om, ane mua minta tolong nih tentang AP TL-WR543G yg ane baru beli kmaren :)

    ane ada kesulitan dalam konfigurasinya, terutama di bagian WAN dan DHCPnya..

    mohon bantuan nya ya om :)

    Thanks :)

    send balasan nya ke : momodganteng@ymail.com

  171. SUNARDI says:

    Mohon pencerahan ulang mengenai cara reset Antenna AP link milik saya merk Alcon ASU24005g sampai sekarang belum bisa saya reset. terima kasih banyak atas bantuannya.

  172. rega andaresta says:

    Pak bisa kirimi saya cara menginstalasi jaringan wireless lan ngga, saya lagi belajar membuat jaringan wireless menggunakan speedy.
    Tolong kirimi saya panduan secara step by step dari awal sampai dengan akhir.
    Terima kasih!

  173. mdr says:

    apa wifi di laptop bisa jarak jauh

  174. ulil says:

    @donny

    modem adslnya di setting menjadi bridge untuk lebih jelas tlp saya : 02514802164

  175. zubaidi says:

    saya mencoba setel sendiri wireless-G acces point model WAP54G, karena gak dapat dapat maka saya reset. Setelah saya pasang kembali ternyata lampu led hijau act tidak menyala sama. apakah alat tersebut memang rusak atau perubahan setingan. tolong saya dibantu

  176. ak_tanya_com says:

    halloo,, wah wah . nggak dong ak.. :(

  177. fee says:

    saya punya masalah dengan accees point saya wap 54g merk linksys, ssignalnya suka lari – lari, saat uda connected paling banter 3 menit pasti disconnect dan harus conneect ulang, signalnya hilang sendiri. dimana saya bisa memperbaiki access point saya?

  178. HANDRIYANI says:

    MAS TOLONG AKU PUNYA ACCES POINT UBIQUITI GTP W54G BIAR JANGKAUANNYA JAUH PAKAI TAMBAHAN APA ? DAN CARA SETTINGNYA MAKASIH

  179. Jean Warno P says:

    wireless-G acces point model WAP54G,lampu led hija act awalnya menyala,pas sudah aku reset udah ga mau nyala lagi,aku coba sambung ke modem tetap sama aja,lampu led hijau act tetap idak menyala. apakah alat itu rusak atau ada perubahan settingan. tolong bantu saya

  180. awi says:

    minta tolong donk….pak.!
    saya punya BULLET 2 dan TP link WA521G …. kebingungannya yang lebih baik dijadikan ACCESS POINT dan CLIENT…. CARA SETTINGNYA.. GIMANA ???
    MODEM PAKE TP LINK TD-W8901G

  181. TERAYEOSY says:

    say mse mhaswa baru…. saua ingin pndapat anda tentang bgaimana memange subneting (IPV4) dan IP Adrress (IPV6)
    mkase…Tuhan membrkati..

  182. hendra says:

    saya minta tolong pak

    di kantor saya sdh ada speedy dengan LAn nya sekarang mau ditambah dgn Wireless, apakah Bisa AP nya di koneksikan melalui hub swtich lan yg sdh ada, tidak langsung ke modemnya. AP nya mendapatkan IP dri hub switch krena sdh DHCP
    Trima kasih

    • ns says:

      Port ethernet yg ada di AP dihubungkan
      ke port ethernet yg ada di hub/switch,
      lalu AP diatur/seting agar DHCP di AP tidak aktif.
      Saat pengguna terhubung ke AP, akan
      mendapat IP yang diatur oleh komputer server
      yang ada di LAN.

  183. Jefry says:

    Saya baru tahu ni
    ulasannya sangat bermanfaat, terima kasih banyak Pak..

  184. msholeh says:

    dear admin

    saya itu punya modem smart type AC2726 dan Router wifi belkin FD…maaf gak nyatat, saya ingin nanya

    bagaimana caranya agar modem saya bisa share diwifi, supaya bisa dibagikan ke laptop lainnya

    terima kasih

    • ns says:

      Saat ini beberapa Access Point memiliki slot
      untuk menancapkan USB Modem GSM ataupun CDMA.
      AP yg memiliki slot USB Modem ntara lain
      TPLink seri MR3020, MR3040, MR3220, dan MR3420.
      Linksys WRT160NL dan merk lainnya.

      AP yg memilik slot USB Modem sudah dilengkapi
      dengan konfigurasi untuk melakukan sharing modem.

  185. Riypto says:

    Bagaimana caranya mas,saya jg seperti itu.

  186. Udin says:

    gan, saya punya AP TP-LINK TL-MR3020. pertanyaan saya, bagaimana caranya memblok situs tertentu? seperti facebook. soalnya ini di lingkungan perusahaan kecil menengah. dan mungkin memakai aplikasi lain? memakai aplikasi apa? mohon petunjuknya. Trims

  187. Hariyanto says:

    Mohon petunjukny pak ….
    Saya baru saja membeli AP/Router Prolink WNR1012, saya sudah baca buku petunjuknya, tapi pada saat saya buka browser (sesuai buku manualnya) tidak bisa otomatis memanggil konfigurasi AP/Router tersebut, terus saya ketik pada browser 192.168.123.254 muncul kotak suruh masukkan Username dan Password, sesuai buku Usernmae : admin dan Password : password, tapi TIDAK BISA, gima ya pak ?

  188. didan says:

    help,

    airlive WH5400CPE, gagal Update Firmware..solusi untuk update sesuai pabrikan caranya gimana,..karean web..tidak mau

Leave a Reply


+ 9 = eleven