Empat Jam memakai iMac Core Dua

Hari ini pesanan iMac Core Duo telah datang, ini pertama kalinya pakai platform Mac sehingga perlu sedikit penyesuian untuk pemakaian awal.

Pasang iMac

Memasang iMac sangat mudah, kesulitan dijumpai hanya untuk mencari colokan listrik yang ujungnya ada 3, solusinya adalah dengan meminjam dari rekan sebelah yang biasanya pakai untuk charging PDA Ipaq. Selesai sekitar 8 menit.

Booting Awal
Proses pemasangan sampai dengan munculnya desktop sangat cepat, selanjutnya adalah menghidupkan iMac, wow … dalam waktu singkat desktop sudah muncul dan aplikasi default sudah tersedia. Waktu: sekitar 3 menit.

Koneksi Internet
Tersedianya AirPort sangat memudahkan, aktifkan pilihan “Turn Airport: on”, masukkan PreShared-Key (PSK) untuk authentifikasi WiFi Protected Access (WPA), tada … langsung dapat IP dari DHCP server. Waktu: sekitar 5 menit

Aplikasi Default

Aplikasi yang sudah sudah dicoba:
+ Browser Safari, web yang pertama dilihat adalah suryana.or.id 🙂
+ Mail
+ Photo Booth _wah kok saya muncul di layar ya :))
+ Mac Update
+ Microsoft Office 2004 for Mac

Root dan Ganti Password
Sebagai pengguna Linux sejak tahun 1997/1998, tentu tertarik dengan konsole, perintah standard yang sudah dicoba: ping, passwd, uname, uptime dsb.

Percobaan melakukan perintah “su” gagal, karena kesalahan password, cari info di google, ternyata account root memerlukan aktifasi melalui Finder -> Application -> dst

Keyboard dan Mouse
Perbedaan beberapa mouse dan keyboard dengan yang biasanya dipakai untuk PC, sempat membuat sedikit tidak PeDe ketika ada yang datang untuk melihat 🙂
Perbedaan dengan PC
+ Perbedaan untuk melakukan right click
+ Tombol control (iMac) dan Ctrl (PC) ternyata berbeda

Download aplikasi
Beberapa aplikasi yang biasa dipakai di Windows dan Linux dan tersedia di Mac telah juga dicoba, langsung download, install dan dipakai, yaitu:
+ Firefox 1.5.0.4
+ Thunderbird 1.5.0.4
+ Yahoo Messenger 3.0 beta 1 (for Mac)

To do …
+ Update ke 10.4.7 dan lainnya
+ Akan install ulang MacOS Tiger
+ Boot camp dan triple boot (MacOS, Windows XP, Linux)

Saat ini sudah puas dengan install default iMac, cuma ada dorongan untuk ulang MacOS Tiger karena ingin mengetahui cara/tahapan install.

Untuk pengguna MacOS Tiger adakah saran sebelum melakukan install ulang MacOS Tiger? Apakah CD/DVD yang disediakan cukup untuk melakukan install?

FYI
Posting ini memakai MacOS 10.4.4 dan browser Safari 😉

Saat ini sedang melakukan update, total semua update (MacOS Update 10.4.7, iTunes, Quicktime, iPhoto, iMovie HD dsb) sekitar 700 MB, sudah selesai 125 MB, sisanya 572 MB masih terus download melalui koneksi wireless (AirPort).

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Empat Jam memakai iMac Core Dua”

  1. sandra yuwana says:

    screenshootnya dunks..
    tinggal tunggu postingan hape barunya dateng nih ^_*

  2. Jauhari says:

    wah mas… ini fasilitas kantor juga?
    Mantap Kali… dapat vaio, dapat iMac Core Duo…

    Salut mas…..

  3. satriya says:

    tolong kirimi cara untuk melakukan 2 booting skr jangan pake lama?

Leave a Reply