TipleBoot: Lima kali install ulang iMac

Keinginan untuk membuat iMac 17″ Core Duo agar triple boot sudah ada sejak awal Juli 2006, setelah ada waktu akhirnya pada minggu ketiga mulai baca beberapa referensi untuk melakukan triple boot.

Membuat iMac menjadi triple boot ternyata banyak menyita waktu, memasang tiga sistem operasi harddisk Serial ATA di iMac berukuran 160 GB (pada MacOS X terlihat 152 GB) perlu melakukan pengaturan partisi secara tepat. Jika pengaturan partisi telah dibuat, dan ternyata kemudian tidak cocok dengan pengaturan tersebut, maka harus melakukan instalasi dari awal. Artinya jika sudah menginstall MacOS X, Windows XP dan Linux, dan kemudian menginginkan partisi untuk Windows XP menjadi dibawah 32 GB supaya dapat memakai FAT32, maka partisi diatur lagi dari awal.

Pengaturan partisi juga dibatasi oleh maksimal partisi yang dapat dibuat maksimal 4 partisi dan hanya dapat dilakukan dari MacOS 10.4.6/10.4.7 melalui konsol dengan memakai perintah diskutil. MacOS X telah memakai 2 partisi, 1 untuk boot loader dan satu partisi untuk 10.4.7. Sehingga untuk Linux dan Windows XP masing-masing harus ditempatkan di satu partisi.

Windows XP di install di FAT32 karena menginginkan partisi ini dapat diakses read dan write secara langsung dari MacOS dan dari Linux.

Menginstall Linux (memakai Kubuntu 6.06) dengan hanya memakai satu partisi cukup merepotkan, karena biasanya menginstall Linux minimal menyediakan dua partisi yaitu untuk swap dan / (root). Perlu pengaturan di Kubuntu supaya bekerja hanya di satu partisi, perlu pengaturan khusus bootloader di /etc/lilo.conf (Kubuntu defaultnya memakai grub, perlu install dari repository untuk memasang lilo), pembuatan swap dan mengatifkannya secara manual di /etc/fstab.

Akhirnya setelah lima kali install ulang MacOS X 10.4.7, dua kali install ulang Windows XP dan dua kali install ulang Kubuntu, saat ini iMac telah terpasang 3 sistem operasi dan berjalan sesuai dengan keinginan (dan kebutuhan).

Explorasi iMac melalui install dan partisi ulang sepertinya perlu ditutup. Selanjutnya beralih ke tahap pengembangan aplikasi. Ada aplikasi berbasis web dengan memakai GSM Modem iTegno yang harus diselesaikan. Aplikasi ini akan berjalan di “Kubuntu on iMac”. Semoga pembuatan aplikasi ini akan lancar.

Tahapan rinci triple boot saat ini tidak ditulis, mungkin jika ada yang tertarik atau belum sukses membuat triple boot, jika diperlukan akan ditulis di posting lain.

Screenshoot iMac yang sedang menjalankan 3 sistem operasi akan disertakan menyusul, mungkin saja ada yang penasaran 😀

You can leave a response, or trackback from your own site.

9 Responses to “TipleBoot: Lima kali install ulang iMac”

  1. risiyanto says:

    Perlu pengaturan agar bootloader yang ada di Kubuntu supaya men…

    Kok ndak komplit tulisannya?

  2. ns says:

    di wordpress pakai mode “save and continue editing”

    skr sudah selesai 🙂

  3. Yuda says:

    Ayo dong pak yang komplit tutorialnya, penasaran nih….
    Dari Apple dikasih cd ori-nya Mac OS ya?
    Kenapa ga pake parallels kaya adinoto

  4. ns says:

    @yuda
    sebetulnya sebelum posting ini, sudah nulis tahapan installnya, sayang ketika submit posting koneksi internetnya macet, tapi sebelum submit sepertinya saya sudah simpan ke file txt, nanti saya cari dulu filenya, supaya tidak ketik ulang.

    setiap pembelian hardware Mac misal iMac, dan MacBook, Apple menyertakan CD/DVD installer.

    pake parallels terlalu mudah j/k
    juga tidak sesuai keinginan, inginnya setiap sistem operasi di boot dari awal, ada tantangan untuk mengatur partisi dan bootloader 🙂

  5. Mang Iyus says:

    Pak,
    Saat ini saya coba install Mac 10.4.8 sama XP dan Kubuntu Edgy 6.10, saya gagal terus setelah install Kubuntu. Kalo Install XP trus Mac lancar2 saja. saya pake NTFS nih ???

  6. rifqy says:

    Tahapan rinci triple boot saat ini tidak ditulis, mungkin jika ada yang tertarik atau belum sukses membuat triple boot, jika diperlukan akan ditulis di posting lain.

    ==> pak, mohon bantuan: sy perlu sekali tahapan rinci u membuat triple boot. rencana akan sy buat di MacBook. Terima kasih byk sebelumnya

  7. rimas says:

    cara instal kubuntu dari awal

  8. ns says:

    saat ini iMac sudah tidak triple boot, XP-nya tidak jalan. Penyebabnya karena ganti distro Linux, Kubuntu diganti dengan IGOS Nusantara.

    Jika sempat bahkan Mac OS X Tiger yang ada akan diganti dengan Leopard, kemungkinan nantinya Triple Boot akan terdiri dari Leopard, IGOS DwiWarna, dan XP. Sedang menunggu waktu luang nih, ditambah file installer Leopard juga masih dalam bentuk image, belum di burning ke DVD Dual Layer.

  9. adanta says:

    mas bro gimana cara install windows yang hilang di kubuntu 10.40
    mohon bantuannya ya
    kirim ke gmail saya

Leave a Reply