IGOS Nusantara 2006 di Pesantren

IGOS Nusantara (IGN) 2006 saat ini telah dipakai di Pesantren. Pondok Pesantren Persis 99 Rancabango, Garut, Jawa Barat adalah pesantren pertama yang memakai IGOS Nusantara. IGN di Pondok Pesantren Persis 99 Rancabango dipakai untuk empat jenis fungsi, yaitu:

  1. IGN sebagai Desktop (tulis menulis dan browsing)
  2. IGN sebagai Web Server untuk Warintek
  3. IGN sebagai proxy Server; Proxy server yang dikonfigurasi di IGN melayani 40 komputer untuk mengakses Internet
  4. IGN sebagai Terminal Server yang melayani 20 komputer client.

Instalasi dan konfigurasi IGN di setiap komputer dilakukan personil dari Kementrian Ristek dan personil/pengembang IGN. IGN untuk fungsi sebagai Web Server dan Proxy Server memerlukan file-file .rpm yang ada di CD IGN Extra.

IGN untuk fungsi Terminal Server menggunakan Linux Terminal Server Project (LTSP). LTSP di IGN memerlukan banyak file .rpm. Pengembang IGN saat ini sedang mengatur ulang penempatan file-file .rpm untuk Terminal Server. Pengaturan ulang file-file .rpm bertujuan agar pengguna yang akan membuat terminal server dapat melakukan instalasi secara mudah dan cepat. Berdasarkan pengalaman awal pengembang untuk konfigurasi LTSP memerlukan waktu untuk instalasi dan konfigurasi sekitar satu jam. Jika pengembang telah dapat melakukan konfigurasi secara ringkas dan cepat, maka petunjuknya akan disertakan dalam CD IGN Extra.

You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “IGOS Nusantara 2006 di Pesantren”

  1. maseko says:

    Jadi inget buat ngelanjutin download IGOSnya, minggu kemaren baru dapet 65%.

  2. Irwin says:

    Wah #1 nggak ikutan acara IGOS ya kemarin? mending dapetin CD-nya aja 🙂

  3. ns says:

    mas Irwin,
    maseko ini rumahnya satu komplek dengan saya 🙂
    hubungan terakhir terputus gara-gara mail server
    ngadat.

    halo maseko…
    kalau mau CD IGN, nanti akan saya antarkan ke
    rumah.

  4. endra says:

    gimana cara dapetin CD IGOS extranya ? cos gue dah praktekin semua tapi masih banyak yang ga bisa jalan masih butuh plugin lah yang inilah yang itu lah. So kita juga butuh IGOS extranya juga donk buat lengkapin jangan cuman instalasi sama live cdnya doank

Leave a Reply