IGOS Nusantara with Beryl

ign-with-berylSejak akhir Juni 2007 cukup sibuk menyelesaikan pekerjaan, begadang selama beberapa hari. Selasa 10 Juli 2007 ada notebook titipan yang perlu dipasang IGOS Nusantara (IGN). Notebook tersebut menggunakan Core 2 Duo dan kartu grafik Nvidia 7400.

Notebook dipasangIGN secara default, kemudian ditambah beragam aplikasi yang ada di repositori. Pada saat pasang aplikasi, sekalian juga memeriksa kelengkapan aplikasi yang ada di repositori IGN. Spesifikasi notebook yang cukup mutakhir mendorong untuk memasang akselerator desktop Beryl. Driver untuk kartu grafik Nvidia telah tersedia di repositori IGN dan dapat berfungsi dengan baik.

Pada saat menjalankan Beryl, tampilan 3D muncul dengan menekan tombol Crtl + Alt + Drag_Mouse (tekan tombol kiri mouse tanpa dilepas, lalu gerakkan atas bawah, kiri kanan). Setelah sukses di tahap awal, selanjutnya adalah mencoba driver Nvidia yang tersedia beberapa versi di repositori, tujuannya supaya mendapat kecepatan grafik yang paling tinggi. Sayangnya percobaan dengan beragam driver ini tidak satupun yang sukses, bahkan pengembalian setting ke driver awal juga gagal, Beryl tetap tidak tampil utuh, tampilan layar menjadi putih.

Ujicoba lainnya yang dilakukan adalah di PC yang memakai kartu grafik ATI Radeon 8500 DV. Perlu memasang XGL supaya efek 3D berfungsi, skrip yang memudahkan pemasangan XGL dan aktifasi Beryl telah tersedia.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “IGOS Nusantara with Beryl”

  1. Kiki Taupik Rahman says:

    Ass Pak’

    Wah, saya’teh sudah capek nyari driver ATI RAdeon Xpress 200m buat F7 “agar bisa guna 3D”.

    Mudah2an IGN 2007 menyertakan driver khusus buat yg itu 😀 soalnya bukan kenapa2, di Kita itu Notebook’nya rata2 pake 200m. alias VGA pasaran murah ;))

    Trus yang membuat saya beralih ke ubuntu karena update F7 terakhir membuat komputer jadi aneh. Firefox dan Thunderbird justru gak bisa tampil. dan kalo mau install, update “online”nya sekitar 450Mb plus update2 lainnya. bisa semalaman Ol. 🙁

    “BCM43xxx (Wireless) ATI Radeon Xpress 200m (VGA) Texas Instruments PCIxx21 (Card reader)”, hal2 yang belum ketemu solusinya.

    Oh iya, saya pake Compaq Pressario v2000

    Nuhun Pak, Wss

Leave a Reply