LiveCD dan Apple iMac Core Duo

Sejak 27 Juli 2006 Apple iMac 17 ” Core Duo telah triple boot. Tahun lalu telah sukses menempatkan tiga sistem operasi MacOS Tiger, Windows XP dan Kubuntu 6.06 di iMac. Pada saat IGN2006 diluncurkan pada Desember 2006, muncul keinginan kuat untuk segera memasang IGN2006 di iMac, sayangnya versi LiveCD 2006 tidak menyediakan fitur “Install ke harddisk”.

Percobaan memasang IGN2006 di iMac dengan memakai versi instaler tidak dilakukaan, terlalu banyak tahapannya, ditambah juga iMac telah diinstall dengan beragam aplikasi/software. Jika sistem operasi lainnya yang telah terpasang hilang, tentu merepotkan dan perlu banyak waktu untuk install ulang.

Sekitar satu jam lalu dengan memakai LiveCD 2007 iMac dihidupkan, refit menampilkan pilihan untuk booting dari LiveCD. Perlu beberapa menit sampai desktop muncul, untuk dapat menginstall LiveCD ke harddisk perlu menjalankan script yang shortcut-nya telah tersedia, cukup klik “Install ke harddisk”.

Instaler akan menampilkan partisi yang akan dipakai untuk menempatkan hasil ekstrak image LiveCD menjadi file-file dan folder-folder. Partisi yang sebelumnya telah dipakai adalah /dev/sda3, pilih partisi tersebut, gunakan opsi untuk memformat partisi sebagai partisi “/” atau partisi root dengan ext3. Partisi swap tidak dibuat karena partisi di iMac hanya maksimal empat partisi, semua partisi sudah dipakai.

Proses penyalinan image LiveCD ke harddisk cukup cepat, perlu waktu sekitar 12 menit. Booting ulang dilakukan, refit memunculkan pilihan booting dari partisi 3 (/dev/sda3). Wow … semuanya berlangsung lancar, masukkan pengguna baru, kemudian login dengan user tersebut. Desktop tampil, akses internet dilakukan dengan kabel, perangkat wireless di iMac yang memakai chipset broadcom belum dapat dipakai secara langsung, perlu download firmware propietary yang dibuat oleh broadcom.

oh ya, posting ini melalui iMac + IGN + Firefox 2.0.0.6

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply