Update ke WordPress 2.5 via AXIS

Ada lebih dari empat domain yang saya kelola memakai engine WordPress. Domain yang dihosting dan tersedia cpanel melalui fantastico menyediakan antar muka untuk melakukan update melalui beberapa kali tahapan klik.

Domain suryana.or.id termasuk salah satu domain yang mengalami masalah update wordpress melalui cpanel. Penyebabnya pada saat awal hosting tidak memakai fasilitas untuk install wordpress dari cpanel, wordpress dipasang dengan melakukan upload script ke server hosting secara langsung, atur database secara manual. Setelah mengetahui cpanel menyediakan deployment dan update wordpress, sempat dicoba memakai fasilitas tersebut. Hanya saja database dan skrip wordpress yang telah ada sebelumnya harus disesuaikan, karena pada saat fantastico memasang wordpress harus dalam kondisi dari awal.

Dulu pernah dicoba menjalankan fantastico untuk memasang wordpress versi 2.3.1, kemudian mengubah file konfigurasi untuk memakai database lama, hasilnya sukses. Masalahnya kemudian adalah saat melakukan ingin update ke WordPress 2.3.3, fantastico gagal melakukan update karena database wordpress dianggap tidak sesuai.

Update wordpress secara manual dengan melakukan upload skrip-skrip wordpress memerlukan waktu yang cukup lama. Jika menggunakan dial-up Telkomnet Instan tentu menjadi suatu pemborosan. Upload dari kantor tidak dapat dilakukan, sang admin menghalangi/blok akses ke ftp server 🙁

Solusi saat ini dengan tersedia koneksi internet free sebesar 100 MB per bulan dari AXIS melalui GPRS/3G sangat membantu proses update. Meskipun dua hari lalu saat update ke WordPress 2.5 RC1 memerlukan waktu lama. Perlu lebih dari satu jam untuk upload skrip-skrip yang berjumlah lebih dari 500 file. Lama waktu upload tersebut bukanlah masalah, yang penting free. Update ke WordPress 2.5 final baru saja selesai dilakukan. Proses lebih cepat karena FlashFXP sebagai ftp client diatur untuk melewati (skip) file yang sama.

Dashboard WordPress 2.5 memiliki alur navigasi yang lebih baik dibanding versi 2.3. Approval Comment lebih mudah dilakukan. Upload foto lebih praktis, hanya saja belum sempat upload foto 🙂

You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “Update ke WordPress 2.5 via AXIS”

  1. bukannya, hanya dire-install tuh WP yang ada sekarang ??
    *siul – siul*

  2. ns says:

    oh ya?
    pernah baca di WP2.5 untuk update cukup klik dari dashboard,
    ada di bagian mana ya?
    saya belum menemukannya.

  3. free… waduh mau dong

  4. camagenta says:

    piye kabare mas? lama tak bekunjung saya….
    NS tak di lanjut mas 😀

    ohya, 2.5.1 dah keluar lho mas 😀
    ayo update lagi 😀

    http://wordpress.org/development/2008/04/wordpress-251/

  5. wah bisa juga y…. boleh d coba nih

  6. kalau yg free2,,,mau dunkkk 🙂 🙂

Leave a Reply