Pindah DNS Server

Sudah lebih dari tiga tahun memakai Free DNS Server dari zoneedit.com. Dari sisi layanan DNS, penggunaan zoneedit.com tidak pernah mengalami/mendapatkan kegagalan fungsi DNS.

Perpindahan Free DNS Server dari zoneedit.com disebabkan control panel pengelolaan yang terbatas. Zoneedit hanya membolehkan lima buah domain untuk setiap account (dipakai untuk login). Jika memiliki domain ke enam dan seterusnya, harus buat account baru dan mendaftar dengan alamat email yang berbeda. Tentu repot jika harus memiliki beberapa account untuk mengelola banyak domain.

Selain batasan lima domain untuk setiap account, control panel di zoneedit juga tetap tidak mengurangi counter saat sebuah domain dihapus. Satu buah account yang telah dipakai mengelola lima domain, kemudian tiga domain dihapus, counter tetap mencatat angka lima, mestinya counter berubah menjadi dua domain.

Saat ini semua domain telah dialihkan ke everydns.net. Everydns.net memberikan 20 buah domain dan 200 buah record untuk setiap account/id. Setelah domain dialihkan ke everydns.net, satu jam kemudian melakukan ujicoba melalui TelkomSpeedy, terlihat DNS telah beralih, namun ada juga DNS Server lain yang belum berubah, mestinya setelah 24 jam semua DNS Server akan memperbaharui databasenya.

Ujicoba lain dilakukan dengan mengirim email. Ada dua domain yang memakai layanan email dari google hosted. Pengiriman email berhasil dilakukan. Agar pasti, tentunya perlu melakukan pengiriman email melalui dua mail server, siapa tahu ada yang belum update, atau saat mengisi MX di control panel everydns.net ada yang salah ketik.

Adakah yang punya pengalaman dengan everydns.net, apakah memang lebih baik dari zoneedit?

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Pindah DNS Server”

  1. dudi says:

    everydns.net ok kok. atau pake afraid.org juga ok.

  2. erry says:

    wah mas, saya justru lagi coba di everydns.net karena baca tulisannya… pengalaman pertama nih, doain yaa sukses šŸ™‚

Leave a Reply