Terjemahan berkait

Sejak beberapa bulan lalu ikut melakukan penerjemahan beberapa aplikasi open source ke Bahasa Indonesia. Sebagai pemula, ada beberapa hal yang tidak diketahui atau terlewat, misalnya aplikasi tertentu ternyata memakai berkas terjemahan dari aplikasi atau pustaka yang dipakai aplikasi tersebut.

Sebelumnya telah mencari-cari cara untuk dapat mengganti teks dalam suatu button, contoh msgstr “Tekan tombol ‘Maju’ untuk melakukan pengaturan”. Pada saat aplikasi dicoba, tulisan memang muncul, tetapi button bertuliskan “Forward”. Tentu bertanya-tanya, terjemahan “Forward” ada di berkas apa?

Pendekatan pragmatis kemudian diambil, yaitu melakukan perubahan msgstr “Tekan tombol ‘Forward’ untuk melakukan pengaturan”. Build ulang aplikasi, ujicoba, dan hasilnya sesuai. Tapi… ternyata belum selesai. Saat memakai pustaka yang sudah diterjemahkan dan mengganti pustaka lama, terjemahan menjadi terbalik. Aplikasi menampilkan tulisan “Tekan tombol ‘Forward’ untuk melakukan pengaturan”, sedangkan button menjadi “Maju”.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply