Modifikasi Partisi Harddisk dengan GParted dan Easeus

Sejak kemarin penasaran dengan partisi harddisk di PC rumah. PC ini dipakai untuk pengembangan IGOS Nusantara. PC sering dipakai untuk mencoba versi tertentu. Pasang/instal lalu hapus distro sering dilakukan di PC ini. Masalah yang muncul adalah partisi tidak dikenali, sehingga tidak dapat lanjut ke instal distro.

Harddisk walau tidak dikenali oleh GParted, namun tetap dapat melakukan booting ke IGOS Nusantara dan Windows XP. Penasaran muncul karena struktur partisi dapat dikenali oleh program lain yaitu fdisk dan Easeus Partition Manager. Percobaan pertama dilakukan dengan mengubah ukuran partisi DRIVE_D, semula sekitar 200 GB menjadi 190 GB. Percobaan ini bertujuan agar struktur partisi diperbarui dan dikenal oleh GParted. Hasilnya: struktur harddisk tetap tidak dikenal di GParted.

Percobaan lainnya masih mungkin dilakukan, namun berhubung tidak banyak waktu dan tidak yakin dengan hasilnya, akhirnya melakukan backup data yang ada di DRIVE_C, DRIVE_D, dan /home. Setelah melakukan backup, seluruh partisi yang ada di bagian EXTENDED dihapus lalu booting ulang, partisi DRIVE_C dan DRIVE_D yang ada di partisi primer1 dan primer2 tidak dihapus. Hasilnya: GParted dapat mengenali partisi DRIVE_C dan DRIVE_D dan dapat membuat ulang partisi EXTENDED, lalu swap, /ign7, /ign8 dan /home.

Hasil akhir: Masih bingung he… he… Masih belum dapat jawaban memuaskan mengapa begitu? mengapa begini?

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply